Apa yang perlu kita ketahui tentang diabetes melitus tipe 2 ?

Kekinian banyak orang terdiagnosa penyakit diabetes melitus. Rasanya sudah tidak aneh lagi kalau mendengar nama penyakit ini. Dari pelosok desa nun jauh disana sampai sudut-sudut perkotaan hampir semua orang sedikitnya paham apa itu diabetes. Kencing manis kan ? Memang sih garis besarnya seperti itu, tapi kalau kita mau lebih dalam lagi mempelajari seluk beluk penyakit ini, ternyata tidak sesederhana itu temans….:) Ternyata ada jenis-jenis diabetes melitus ini yaitu diabetes melitus tipe 1, diabetes melitus tipe 2, ada juga diabetes melitus gestational.

Bolehlah sedikt kita bahas lebih jauh apa itu sebenarnya diabetes melitus. Diabetes adalah suatu kondisi kelainan metabolis dimana pada dasarnya adalah kenaikan kadar gula dalam darah. Hal ini disebabkan oleh dua faktor utama yaitu :

  • Kurangnya jumlah insulin
  • Jumlah insulin cukup, tetapi tidak dapat diolah secara optimal oleh tubuh

Untuk point pertama itulah yang disebut jenis diabetes melitus tipe 1. Dan point kedua dinamakan diabetes melitus tipe 2. Jenis yang kedua inilah yang paling banyak dialami orang sehingga presentasenya mencapai hampir 95% dari seluruh penderita diabetes melitus ini.

Gejala diabetes melitus tipe 2

  • Sering buang air kecil
  • Sering merasa haus berlebihan
  • Sering merasa lapar – ini yang menyebabkan tubuh agak melebar… 🙂
  • Sering merasa lelah dan lemah
  • Pandangan kabur
  • Sulit konsentrasi

Apabila anda mulai merasakan gejala tersebut mintalah petunjuk dokter, dimana disana mungkin dokter menyarankan untuk melakukan beberapa tes hal ini untuk menunjang diagnosa apa yang akan ditegakkan, sehingga pengobatannya pun sesuai dengan apa sebenarnya diagnosa penyakit tersebut.

Pengobatan dan prawatan diabetes melitus tipe 2

Diabetes melitus adalah penyakit hormonal sehingga tidak dapat diobati. Waduh….gimana dong ….??? Tenang dulu, semakin dini diketahui jenis penyakitnya semakin mudah cara mengontrolnya. Begitupun dengan diabetes melitus ini, semakin awal ditemui semakin mudah cara menanganinya. Memang pada dasarnya untuk hampir semua penyakit hormonal tidak dapat disembuhkan total, tetapi dapat dikontrol dan ditekan tingkat keparahannya sehingga penderita tetap dapat menikmati hidup layaknya orang sehat walafiat.

  • Pola hidup sehat, dimulai dari diet sehat yang dianjurkan oleh ahli gizi, jenis olah raga apa yang aman dilakukan, ga semua jenis olah raga bisa dilakukan lho…biasanya  jalan kaki, jogging atau bersepeda santai cocok untuk menjaga stamina pada penderita diabetes melitus
  • Seandainya dokter sudah memutuskan pengobatan yang dilakukan, maka kita harus disiplin umtuk tetap menjalaninya, beberapa macam obat dapat diberikan baik lewat makanan maupun suntikan

Baik yang sudah terkena diabetes ataupun yang belum yuk dari sekarang kita jalani pola hidup sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *