5 Pertanyaan Umum Seputar SPT Tahunan

 

Sebentar lagi akhir April 2018 di mana wajib pajak badan diharuskan untuk segera melaporkan SPT Tahunan wajib pajak badan ke KPP atau secara elektronik. Pemerintah membuka kesembatan hingga akhir April 2018, jadi diharapkan badan dan perusahaan bisa bekerja sama untuk melakukan pencatatan dan pembukuan dengan benar untuk kemudian dilaporkan SPT Tahunan pada Direktorat Jenderal Pajak.

Selama ini yang kita ketahui adalah melaporkan SPT Tahunan ke KPP, sudah dilakukan beberapa tahun, namun sayangnya masih banyak wajib pajak yang tidak tahu apa saja ketentuan pelaporan SPT Tahunan? Bahkan beberapa orang masih banak yang bertanya, mengapa harus membayar pajak?.

Dikutip dari SPT PPh Wajib Pajak 2013 yang telah diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan dan dari sumber lainnya, berikut ini beberapa pertanyaan penting seputar PPh dan SPT Tahunan:

Apa yang Dimaksud Dengan SPT Tahunan?

SPT Tahunan Pajak Penghasilan merupakan formulir yang wajib diisi oleh wajib pajak untuk menginformasikan atau melaporkan identitas dirinya, kewajiban atau hutang, harta, pendapatan dan perhitungan pajak tiap tahunnya.

Siapa Saja yang Wajib Membayar Pajak?

Pertanyaan ini paling sering diajukan oleh warga negara Indonesia. Pihak yang diwajibkan untuk mengisi SPT Tahunan di antaranya adalah orang pribadi atau badan yang sudah memiliki NPWP.

Bagaimana Cara Membuat NPWP?

Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) bisa dibuat dengan sangat mudah dan cepat, apalagi kini ada fasilitas online, jadi Anda bisa mengisi formulir pendaftaran pembuatan NPWP, lantas mencetaknya dan mengesahkannya di KPP. Untuk cara manual, cukup datang ke KPP atau KP2KP dan mengisi formulir pendaftaran, jangan lupa membawa KTP aktif.

Kapan Harus Membayar Pajak?

Batas waktu pelaporan SPT Tahunan Pajak Penghasilan wajib pajak orang pribadi adalah akhir Maret tiap tahunnya, sedangkan batas waktu pelaporan SPT Tahunan untuk wajib pajak badan adalah akhir April tiap tahunnya.

Di mana Tempat Mengambil SPT Tahunan?

Surat Pemberitahuan Pajak orang pribadi bisa diperoleh di beberapa tempat yang sudah ditentukan, yakni bisa di KPP, mobil pajak keliling, pojok pajak atau dengan masuk ke pajak.go.id dan download formulir yang tersedia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *